Rabu, 16 Juli 2014

Timnas U-19 Siap Jadi Mahasiswa Baru di UNY

Timnas U-19 Siap Jadi Mahasiswa Baru di UNY  
YOGYAKARTA - Prestasi Timnas U-19 di lapangan hijau sudah tidak diragukan lagi. Tetapi, sibuk membawa nama Indonesia di kancah sepakbola dunia tidak membuat Timnas U-19 melupakan pendidikan.

Bahkan, melalui kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memastikan anggota Laskar Garuda Jaya mengenyam pendidikan tinggi. Kerjasama ini sebenarnya telah lama dijalin atas inisiatif pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri dan Guntur.

Ketika berkunjung ke UNY belum lama ini, kedua pelatih Timnas U-19 itu diterima Rektor UNY Prof. Rochmat Wahab, dan Wakil Rektor III UNY Prof. Sumaryanto. Dalam kunjungan tersebut dibahas kerjasama PSSI dengan UNY tentang rencana studi lanjut 25 orang pemain Timnas U-19.

Rektor UNY, Rochmat Wahab, menilai, atlet berprestasi dan prestasi akademik tidak bisa dipisahkan. UNY sendiri sangat menaruh perhatian terhadap semua lembaga, termasuk bidang olahraga.

"UNY siap untuk bekerjasama. Bahkan, jika ada yang tidak lolos seleksi ini, anggota Timnas U-19 bisa juga ikut tes masuk melalui jalur seleksi mandiri," ujar Rochmat, seperti dinukil dari laman UNY, Sabtu (12/7/2014).

Sementara itu, Wakil Rektor III UNY Prof. Sumaryanto, menjelaskan, sebagian besar pemain Timnas U-19 itu akan mengambil studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Mereka akan berkuliah mulai tahun ajaran 2014/2015.

"Teori disampaikan melalui E-Learning, waktu dan tempatnya akan menyesuaikan," tutur Sumaryanto. 

Sebagai tindak lanjut rencana kerjasama tersebut, setelah Timnas U-19 selesai berlaga di Spanyol, UNY akan memanggil orangtua mereka ke kampus pada pertemuan orang tua mahasiswa baru, 24 Agustus mendatang. Dijadwalkan, Ketua PSSI, Prof. Djohar Arifin Husin akan hadir sebagai wali para pemain Timnas U-19. Keesokan harinya, para pemain Timnas U-19 akan mengikuti ospek dan training ESQ.

"Selain menguliahkan S-1 pemain Timnas U-19, PSSI juga menjajaki kerjasama untuk studi lanjut S-2 bagi para pelatih Timnas di Pascasarjana UNY," imbuh Sumaryanto.  (rfa)

sumber: Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More