Jumat, 09 Mei 2014

10 Jurusan dengan Gaji Menggiurkan

Ilustrasi (Foto : Okezone)

 JAKARTA - Menentukan jurusan kuliah sering kali membuat calon mahasiswa merasa galau. Karena tidak selamanya passion sejalan dengan prospek kerja dari bidang ilmu yang akan kita pilih.

Beruntung ada data dari Higher Education Statistic Agency (HESA) yang memuat tentang berbagai jurusan yang memiliki gaji awal yang menjanjikan. Survei tersebut dilakukan terhadap aktivitas para lulusan setelah enam bulan lulus dari universitas. HESA merupakan sebuah lembaga pemeringkatan pendidikan yang ada di UK.

Walaupun tidak ada jaminan hal itu berlaku umum, setidaknya data tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih jurusan perkuliahan. Berikut 10 program studi (prodi) dengan gaji awal menjanjikan, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (7/5/2014).

1. Ekonomi
Lulusan prodi Ekonomi mendapat rata-rata gaji awal terbesar dari sembilan jurusan lainnya, yakni 26 ribu poundsterling atau sekira Rp502 juta (Rp19.510 per poundsterling). Menurut The Complete University Guide, University of Warwick adalah kampus terbaik untuk studi Ekonomi pada 2014 disusul dengan London School Economics di peringkat dua.

2. Keperawatan
Jumlah peminat jurusan Keperawatan di UK meningkat hingga 120 persen dalam periode 2007 hingga 2010. Dari 3.930 peminat menjadi 8.790 peminat. Bahkan, rencananya gaji awal lulusan perawat akan dinaikkan hingga 7 ribu poundsterling. Dari 21.388 poundsterling (Rp418 juta) menjadi 27.901 poundsterling (Rp545 juta). Namun, rerata gaji awal jebolan prodi Keperawatan dibanderol dengan 24.700 poundsterling atau setara dengan Rp483 juta.

3. Pelatihan Guru
Di UK, guru yang memenuhi kualifikasi akan mendapatkan gaji minimal 21.804 poundsterling (Rp426 juta) tapi juga disesuaikan dengan pengalaman mengajar yang dimiliki lulusan. Angka tersebut bisa terus meningkat hingga 27.270 poundsterling (Rp533 juta). Namun, rerata gaji awal lulusan ini adalah 23.920 poundsterling atau senilai Rp468 juta.

4. Fisika
Kepopuleran jurusan Fisika bertumbuh seiring popularitas Fisikawan yang juga mantan musisi, Brian Cox. Tidak mengherankan ketika almamater Brian Cox, yakni University of Manchaster harus memperketat persyaratan masuk jurusan Fisika karena jumlah peminat yang membludak pada 2013. Gaji awal yang ditawarkan untuk jebolan prodi ini pun sangat tinggi, yakni 23.660 poundsterling atau sebesar Rp463 juta.

5. Sistem Informasi
Jurusan yang mempelajari bagaimana membangun database, kertas kerja, maupun website ini cukup mengalami peningkatan popularitas. Apalagi gaji pertama lulusan Sistem Informasi pun terbilang sangat tinggi, yakni 23 ribu poundsterling atau setara dengan Rp449 juta.

 6. Matematika
Bagi sebagian besar orang, Matematika mungkin menjadi sebuah momok sehingga membuat mereka enggan 'bersentuhan' dengan bidang tersebut. Padahal, lulusan Matematika dibanderol gaji awal sejumlah 22.880 poundsterling atau senilai Rp447 juta. Menggiurkan bukan?

7. Keuangan
Tidak mengherankan jika jurusan Keuangan dan semua ilmu terapannya, seperti bisnis dan manajemen masuk dalam daftar pemeringkatan ini. Pasalnya, semua perusahaan pasti membutuhkan lulusan bidang Keuangan. Apalagi rerata gaji awal yang ditawarkan untuk lulusan Keuangan sama dengan Kerja Sosial, yakni Rp436,5 juta.

8. Kerja Sosial
Siapa bilang jurusan Kerja Sosial sepi peminat? Sebab, gaji awal lulusan Kerja Sosial dihargai 22.360 poundsterling atau sebesar Rp436,5 juta.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun HESA, Kerja Sosial menjadi salah satu jurusan yang menjadi favorit para calon mahasiswa hingga 202 ribu pemilih. Menurut The Complete University Guide, University of Edinburgh adalah kampus terbaik untuk mempelajari bidang Kerja Sosial pada 2014 diikuti oleh Universities of Sussex, Leeds, Bath and Swansea.

9. Ilmu Komputer
Gaji awal lulusan Ilmu Komputer dihargai 21.840 poundsterling atau senilai Rp426 juta. Bahkan, di tahun ini, menurut data HESA, popularitas jurusan Ilmu Komputer meningkat hingga 13 persen di kalangan calon mahasiswa.

10. Pembangunan
Bangun masa depan yang lebih baik dengan prodi yang berkaitan dengan bidang konstruksi yang mencakup teknik sipil dan struktural maupun pembangunan layanan. Berdasarkan hasil survei HESA, jurusan konstruksi diganyang gaji awal sebesar 21.840 poundsterling atau setara Rp422 juta.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More