Sabtu, 24 Mei 2014

Tak Jujur SNMPTN, Sekolah akan Di-blacklist!

Foto: dok. Okezone 
SOLO - Salah satu kriteria di untuk bisa diterima di  perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah nilai ujian nasional (UN). Ia menjadi kriteria penting yang sangat menentukan, tapi bukan menjadi prioritas utama.

Faktor lain, kata Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Ravik Karsidi adalah banyaknya jumlah alumni dari suatu sekolah yang berhasil masuk ke suatu kampus.

"Itu juga menjadi pertimbangan kampus untuk mengetahui sejauh mana dan seberapa berkualitasnya SMA asal mereka," papar Ravik, ketika ditemui Okezone, baru-baru ini.

Sebab itulah, untuk menunjang kriteria tersebut, maka setiap tahun UNS selalu mengadakan penelitian untuk mengetahui sejauh mana tingkat kejujuran dan keterbukaan suatu sekolah. Hasilnya, bisa menjadi indikator kualitas SMA itu.

Kemudian, jika terbukti suatu sekolah melakukan mark up terhadap nilai siswanya, maka UNS akan memberikan catatan tentang sekolah tersebut.

"Jika perlu, sekolah tersebut akan masuk daftar hitam (blacklist).  Sebab itulah kami imbau kepada para kepala SMA, mohon hati-hati benar   karena kami memberikan kepercayaan pada mereka. Jadi jangan disalahgunakan," tegasnya.
(rfa)

sumber: Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More