Minggu, 25 Mei 2014

Mobil Hybrid UNY Sabet Gelar Juara di Korea Selatan

Mobil Hybrid UNY Sabet Gelar Juara di Korea Selatan 
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kabar gembira datang dari Korea Selatan bagi bangsa Indonesia. Sebanyak 20 mahasiswa brilian asal Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyabet dua penghargaan dalam International Student Green Car Competition (ISGCC) di Seoul, Korea Selatan, Jumat (23/5/2014).
Juara pertama kategori percepatan diraih oleh kelompok Hybrid Vehicle Odyssey (HYVO). Sementara kelompok Electric Vehicle Odyssey (EVO) meraih peringkat ketiga pada kategori yang sama.
Tim yang mengambil nama Garuda UNY Racing Team (GURT) tersebut merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rekayasa Teknologi UNY. Sebanyak 20 orang yang diberangkatkan ke Negeri Ginseng dibagi sama rata untuk dua tim. Yakni 10 orang untuk mobil HYVO, dan 10 lagi untuk EVO.
External Admin GURT 2014, Dyah Nurul Hajar mengatakan, HYVO merupakan rancangan mobil formula hybrid yang pertama kali dikembangkan oleh mahasiswa Indonesia. Mobil tersebut mampu mengalahkan 15 mobil hybrid lain dari seluruh penjuru dunia.
Pengemudi HYVO, Roni Suprapto mendapatkan dua kesempatan untuk menggeber mobilnya di atas landasan pacu. Ia berhasil meraih catatan waktu terbaik yaitu 12,25 detik dan 10,56 detik.
Mobil berwarna dasar putih itu berbentuk layaknya mobil formula satu. Kursi pengemudi tunggal, dimensi mobil rendah, serta ban tanpa pelindung (open-wheel). Sementara pada bagian hidung mobil terpampang jelas lambang UNY dan lambang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lengkap dengan tulisan semboyan 'Tut Wuri Handayani'.
Sementara pengemudi mobi EVO Hasbi Brilian Kumara meraih posisi ketiga dan mengalahkan 41 kontestan lain. Ia mencatatkan waktu terbaik 11,76 detik. Mobil yang Hasbi piloti merupakan rancangan kedua oleh tim mahasiswa UNY tersebut.
Meskipun demikian, Dyah tidak memungkiri adanya kritik terhadap rancangan mobil ramah lingkungan mereka, yaitu pada aspek maneuverability alias pergerakan mobil.
"Tim hanya punya waktu dua hari sejak tiba di Seoul untuk merakit kembali dan test drive final," kata Dyah saat dihubungi Tribunjogja.com, Minggu (25/5/2014) pagi. Kedua mobil sebelumnya telah dikirim ke Korea Selatan pada 12 Mei lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More