Senin, 26 Mei 2014

Dua Mobil UNY Jawara di Korea

Tim mobil listrik dan mobil hybrid UNY meraih gelar juara dalam International Student Green Car Competition (ISGGC) di Seoul, Korea Selatan. (Foto: dok. UNY)  

Yogyakarta - Kemampuan pemuda Indonesia di bidang automotif kembali mendapat penghargaan kelas dunia. Kali ini prestasi dicatatkan oleh Tim mobil listrik dan mobil hybrid Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam International Student Green Car Competition (ISGGC) di Seoul, Korea Selatan.

Pada ajang yang berlangsung akhir pekan lalu, Tim mobil listrik dan mobil hybrid UNY meraih dua predikat juara. Mereka membawa pulang predikat juara satu kategori acceleration (percepatan) untuk mobil hybrid serta juara tiga untuk mobil listrik. Demikian, seperti dikutip dari situs UNY, Senin (26/5/2014).

Tim mobil listrik dan hybrid UNY yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team masing-masing mengusung Electric Vehicle Odyssey (EVO) dan Hybrid Vehicle Odyssey (HYVO). Pada hari pertama kompetisi bergengsi itu, ada dua kategori yang dilombakan, yaitu acceleration dan maneuverability.

HYVO yang merupakan mobil formula hybrid pertama buatan anak Indonesia, menempati posisi pertama pada kategori acceleration dengan catatan waktu 12,25 detik dan 10,56 detik. Dalam sesi akselerasi, HYVO bersaing dengan 15 tim mobil hybrid dari berbagai belahan dunia.

Pada hari yang sama, EVO yang merupakan generasi kedua mobil listrik UNY yang dilombakan dalam ISGCC juga mampu mendobrak 41 deret tim mobil lawan yang berasal dari berbagai negara lainnya. EVO berada di posisi ketiga dalam kategori acceleration dengan catatan waktu 11,76 detik.

Pencapaian tersebut tidak luput dari peran kedua driver, yakni Roni Suprapto untuk mobil  HYVO serta Hasbi Brilian Kumara sang pengemudi EVO. Tidak hanya itu, persiapan tim yang matang dari segi teknis juga menjadi kunci kemenangan para mahasiswa tersebut. (rfa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More