Sabtu, 01 Maret 2014

Yogyakarta Tampilkan Sinden di Java Jazz 2014

http://statik.tempo.co/data/2014/02/27/id_267680/267680_620.jpg


TEMPO.CO, Yogyakarta: Komunitas Jazz Yogyakarta bernama Etawa Jazz Club menghadirkan kolaborasi musik jazz dan etnik dalam Java Jazz 2014. Gelaran musik jazz tahunan ke-10 ini berlangsung pada 28 Februari-2 Maret 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Penggagas komunitas jazz Yogyakarta Etawa Jazz Club, Agung Prasetyo, mengatakan kelompok band yang tampil dalam Java Jazz adalah Farah Di Band dan Trilogy. Dua kelompok jazz ini berhimpun dalam Etawa Jazz Club. Farah Di Band akan membawakan lima lagu, yakni Caravan, Cublak-Cublak Suweng, Suwe Ora Jamu, New York, New York, dan Spain. Farah Di Band tampil Sabtu sore, 1 Maret. Sedangkan, Trilogy tampil Minggu malam dengan membawakan lagu yang mereka komposisikan sendiri.

Ia menyatakan, dua kelompok band ini mengkolaborasikan musik jazz berinstrumen diatonis dan instrumen etnik. Mereka juga akan memainkan alat musik tradisional. "Nuansa etnik kental pada penampilan kali ini," kata Agung, Jumat, 28 Februari 2014.

Menurut dia, kelompok jazz dari Yogyakarta punya dua lagu unggulan untuk pertunjukan musik Java Jazz, yakni Cublak-cublak Suweng dan Suwe Ora Jamu. Kedua lagu ini mewakili musik bernuansa etnik. Pemusik akan memadukan bunyi musik jazz dan musik tradisional. Mereka memainkan alto saksofon, tenor saksofon, terumpet, etnik drum, gitar, dan kontrabass.

Ada juga alat musik tradisional, yakni kendang Sunda, suling, kendang Bali, gangsa bali, gambang, bonang, saron, dan taganing. "Peniup terumpet sekaligus jadi sinden," kata dia. Sinden ini mengiringi lagu khas dolanan anak di Jawa berjudul Cublak-cublak Suweng dan Suwe Ora Jamu.

Dua kelompok band itu berlatih selama enam hari sebelum berangkat ke Jakarta. Mereka latihan di kedai susu kambing Etawa, Jalan Ringroad Utara, Condong Catur, Sleman,Yogyakarta. Farah Di Band beranggotakan 10 orang. Sedangkan, Trilogy tiga orang.

sumber: Tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More