Minggu, 02 Maret 2014

Perhelatan Jogja Air Show 2014 Pecahkan Dua Rekor MURI

http://eventjogja.com/wp-content/uploads/2014/02/jogja-airshow2014.gif

VIVAnews - Perhelatan Jogja Air Show 2014 mengusung tema Pelangi Nusantara 2014 diikuti lebih dari 1.000 atlet dari dalam negeri dan 13 atlet dari mancanegara. Perhelatan itu tercatat dalam Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan dua kategori.

Kategori yang dimaksud yakni pemrakarsa penerjun pita terpanjang dan pemrakarsa penerbang pesawat chuck glider aeromodelling terbanyak.

"Untuk penerjun pita terpanjang yaitu 1.000 meter memecahkan rekor MURI yang sebelumnya hanya dengan panjang 342 meter oleh FASI Sulawesi dan penerbang pesawat chuck glider aeromodelling terbanyak dengan 786 pesawat. Dua rekor MURI itu tercatat pada nomor 6.387 dan 6.388," kata Paulus Pangka, Senior Manager MURI disela-sela penutupan Jogja Air Show 2014 di Pantai Depok, Kabupaten Bantul, DIY, Minggu 2 Maret 2014.

Paulus mengatakan, untuk rekor pemrakarsa penerjun pita terpanjang diserahkan kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo sedangkan untuk rekor MURI pemrakarsa penerbang pesawat chuck glider aeromodelling terbanyak diserahkan kepada Marsma TNI, Agus Munandar, yang juga Danlanud Adisutjipto Yogyakarta.

"Saya mewakili Bapak Jaya Suprana menyerahkan dua rekor MURI kepada para pemrakarsanya," paparnya.

Perhelatan Jogja Air Show 2014 disaksikan oleh ribuan wisatawan di Pantai Depok. Selain itu, juga dilakukan lauching Indonesia Airosport Center oleh Roy Suryo disaksikan oleh Bupati Bantul, Sri Suyawidati dan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX serta jajaran pengurus FASI DIY.

"Run Way yang ada di Pantai Depok, dahulu hanya 400 meter kini diperpanjang menjadi 800 meter dan sangat ideal untuk landing pesawat ukuran kecil, paramotor dan jenis olah raga dirgantara lainnya sehingga kita launching menjadi Indonesia Airosport Center," ujar Roy Suryo.

Sementara itu, lokasi untuk take off bagi para penerjun payung, paralayang, gantole yang berada di Watu Gupit yang berada pada bukit disisi timur Pantai Parangtritis dan masuk wilayah Gunungkidul mendapat jaminan dari Gubernur DIY.

Gubernur menjamin lokasi itu akan tetap lestari dan tak tergusur dengan pembangunan perumahan meski tanah dibukit itu adalah milik warga.

"Pemerintah DIY nantinya akan membebaskan tanah yang biasa digunakan untuk take off para atlet olah raga dirgantara," imbuhnya.

Bupati Bantul, Sri Suryawidati, mendukung dijadikannya run way di Pantai Depok sebagai Indonesia Airosport Center karena akan mendukung pembinaan olah raga dirgantara di Yogyakarta bahkan ditingkat Nasional.

"Disisi lain adanya acara Jogja Air Show yang dilakukan setiap tahunnya di Pantai Depok ini akan mendorong kunjungan wisatawan ke Pantai Selatan Kabupaten Bantul," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More