Selasa, 04 Maret 2014

Anak Tukang Ikan Tak Menyangka Bisa Kuliah

http://img.okeinfo.net/content/2014/03/04/373/949669/LqA4Cib9lf.jpg 

JAKARTA - Kuliah saat ini bukan lagi menjadi sebuah kesulitan bagi mereka yang tidak mampu. Apalagi jika mereka belajar dengan sungguh-sungguh, program beasiswa pun datang menghampiri.

Adalah Fauzi Ahmad Abdillah, putra Sulawesi Selatan, kelahiran Sungguminasa, yang mendapatkan program beasiswa Bidikmisi dari pemerintah, awalnya tak tahu apa itu Bidikmisi. Informasi tentang bidikmisi diperoleh dari kakak kelasnya. Tak ingin kehilangan kesempatan, dia pun langsung mencoba.

"Pada saat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), saya juga mendaftar Bidikmisi. Tuhan menjawab doa saya untuk bisa melanjutkan kuliah melalui program beasiswa Bidikmisi. Jarak dari rumah menuju Unhas yang memakan waktu dua jam dengan menggunakan sepeda motorpun ditempuh,” ungkap Fauzi, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Selasa (4/3/2014).

Jebolan pesantren Sultan Hasannudin, Limbung, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan itu bercerita jika sang bunda telah tiada. Sementara ayahnya bekerja sebagai wiraswasta masuk ke pasar untuk menjual ikan bakar dan coto. Kendati demikian prestasinya tak bisa dipandang sebelah mata. Dia bisa kuliah di Unhas dan bertekad tidak akan menyia-nyiakan beasiswa Bidikmisi itu.

Putra kedua dari tiga bersaudara dengan tekad yang bulat, berhasil meraih prestasi luar biasa. Di semester satu, Fauzi mendapatkan Indeks Prestasi (IP) 3,97, semester dua 3,90, semester tiga 3,97, dan 3,94 pada semester empat.

"Hal ini bagi saya masih belum cukup membalas jasa pemerintah kepada para mahasiswa, sehingga saya berjuang meraih prestasi di non akademik," ujar mahasiswa Falkutas Administrasi Negara Unhas itu.

Prestasi nonakademik yang diraih mahasiswa kelahiran 14 Desember 1995 itu di antaranya mewakili Unhas meraih Juara 1 MTQ nasional di Sumatera Barat, meraih Juara 1 lomba Tausyiah tingkat Sulsel dan Sulbar. Kemudian, dia juga ditunjuk sebagai perwakilan Unhas hadir di acara Silaturahim Nasional Bidikmisi 2014. Hal ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi Fauzi.

"Saya tidak akan menyia-nyiakan waktu kuliah dan akan selesaikan kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Berharap di usia muda bisa meraih gelar doktor," tandas pemuda yang bercita-cita ingin menjadi Gubernur Sulawesi Selatan itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More