Jumat, 14 Maret 2014

Tim Garuda UNY Siap Balapan di Korea

Tim mahasiswa FT UNY siap berlaga dalam International Student Green Car Competition 2014 di Korea. (foto: UNY)

JAKARTA - International Student Green Car Competition 2014 sudah di depan mata. Tidak heran jika para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) semakin getol mempersiapkan diri sebelum berlaga di ajang bergengsi itu.

Ruang seluas 10m x 4m di sudut Kampus FT UNY pun menjadi basecamp Tim Mobil Listrik UNY. Hampir setiap hari terdengar suara sirkuit dan mesin menderu menandakan persiapan tim Garuda UNY Racing Team (GURT) untuk mengharumkan nama bangsa di Seoul, Korea Selatan pada Mei 2014.

Tidak hanya itu, mereka juga menggelar nonton bersama sebagai ajang persiapan jelang lomba. Bukan sembarang video, para personil GURT sedang menyaksikan rekaman pertandingan International Student Green Competition tahun lalu. Ketika itu, UNY dinobatkan sebagai The Best Creative Technology.

"Inilah salah satu cara riset kami dengan menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Kami terus mengamati kekurangan kami tahun lalu dan juga lawan-lawan kami. Dari situ kami juga coba mengolah serta mempertimbangkan kelebihan-kelebihan yang ada, kemudian pada akhirnya tentu untuk menciptakan sesuatu yang baru, sebuah inovasi," ujar Ketua GURT 2014 Bondan Prakoso, seperti dikutip dari laman UNY, Kamis (13/3/2014).

Bondan mengaku, pengalaman mengikuti International Student Green Competition adalah kesempatan terbaik yang pernah dialami. Selain bagi nama pribadi tapi juga kampus, bahkan negara.

"Masih nyata rasanya, ketika melihat senyum bangga dan sorak sorai bahagia terhadap keberhasilan kami tahun lalu di Korea Selatan. Itu kali pertama kami ambil bagian pada ajang tersebut. Setidaknya kami membuktikan, Indonesia masih punya taring, dan taring inilah yang akan semakin kami kukuhkan tahun ini," papar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif itu.

Menurut Bondan, pengalaman tahun lalu membuat timnya menjadi semakin matang serta memberikan semangat dan motivasi untuk meraih pencapaian yang lebih baik. Walaupun hingga saat ini, mereka masih dalam tahap pengerjaan rangka dan riset pada kelistrikan serta mesin.

Selain persiapan teknis untuk mobil, upaya-upaya lain juga telah dilakukan untuk memperkokoh fondasi dan kinerja tim. Salah satu usaha yang telah dilakukan adalah menggandeng PT. Kawan Lama Sejahtera dan PT. Garuda Indonesia sebagai sponsor tim GURT 2014 untuk berlaga pada kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Korean Transportation Safety Authority (KOTSA) dan Korean Auto-Vehicle Safety Association (KASA) ini.

"Kami ini bagian dari masa keemasan Indonesia, sudah sepantasnya kami berjuang, sesuai bidang yang kami geluti. Kami memang mahasiswa UNY, tetapi ketika kami sudah ke sana (Korea Selatan) dan membawa nama bangsa dan negara, maka pikiran dan semangat kami adalah Indonesia," kata Bondan mantap.

Tahun ini, UNY akan mengirim dua tim dalam kompetisi mobil listrik di Negeri Ginseng itu. Keduanya akan berlaga dalam kategori mobil balap listrik dan mobil balap hybrid. Sebanyak 31 mahasiswa yang terlibat dalam kedua tim tersebut tersebar dari berbagai program studi di UNY. (rfa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More