Selasa, 04 Maret 2014

Liburan Beda di Kebumen? Mampirlah ke Waduk Wadaslintang

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv44kNIVnU8tiwaNuiJirWJHmgp5c5wUMdV3CrONl8g8zHLsN__jHzIx8Bx6NDiGrjtnxHSMlamQePZmrFwTIjs15rWoMYL5RfOObx1FNap2RJ2cOP7imhHjY9wybkIrY8tLv3Ys-46ww/s1600/IMG_9757.JPG   detikTravel Community -  Selain dianugerahi deretan pantai indah, Kebumen juga punya waduk elok, yakni Waduk Wadaslintang dengan panorama alam yang indah dan segar. Jika melintas di Kebumen akhir pekan ini, sempatkanlah mampir ke sana. Cocok untuk liburan beda.

Kebumen merupakan nama sebuah kabupaten kecil di selatan Jawa Tengah. Walau berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Kebumen tidak harus melulu punya pantai. Di bagian utara Kota Beriman ini kita bisa melihat Waduk Wadaslintang, waduk yang berada di perbatasan Kebumen-Wonosobo di Jawa Tengah.

Waduk Wadaslintang mempunyai panorama alam yang indah, birunya air waduk berpadu dengan hijaunya perbukitan menjulang tinggi di sekelilingnya. Lihatlah ke segala penjuru, hanya ada pegunungan yang berjejer. Suasana alami masih sangat terasa di sini. Apalagi kebersihannya, ditambah lagi masih sepi.

Waduk yang menjadi spot favorit pemancing ini juga mempunyai deretan tambak ikan di tengah tengah waduk. Anda bisa menyewa perahu untuk ke sana. Karcis masuknya Rp 5.000. Fasilitas di sini masih minim, belum ada penginapan. Warung makanan juga sedikit.

Waduk ini juga digunakan untuk PLTA. Jadi Anda bisa turun ke bawah dam untuk melihat PLTA atau kalau beruntung bisa melihat air jernih yang dialirkan ke turbin membentuk pelangi. Saat air dialirkan Anda juga bisa bermain rafting di Sungai Padegolan.

Sungai Padegolan ini punya batu batu besar dengan jeram menantang. Jadi cocok untuk rafting dari bawah dam hingga ke Bendungan Pejengkolan di bawahnya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke waduk ini, saya sarankan dari pusat Kota Kebumen Anda melewati Kecamatan Alian. Kenapa? Karena sepanjang jalan Anda akan disuguhi pemandangan indah, perbukitan tinggi, sawah di kanan kiri jalan, pedesaan yang rapi serta sungai jernih yang meliuk-liuk, ditambah jalanan berkelak kelok menanjak.

Tetapi belum ada angkutan umum untuk menuju ke sana. Jangan khawatir kesasar, karena petunjuk jalannya jelas. Kalaupun bingung tanya saja penduduk setempat yang ramah-ramah. Selamat berkunjung, jangan lupa memancing dan jangan buang sampah sembarangan!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More